Rabu, 06 Maret 2013

Machintosh

Macintosh, atau disingkat Mac, adalah salah satu jenis komputer personal berbasis PowerPC yang diproduksi oleh Apple. Komputer ini dinamakan berdasarkan McIntosh, jenis apel yang disukai Jef Raskin. Macintosh diperkenalkan pertama kali pada bulan Januari 1984 lewat iklan Super Bowl yang fenomenal. Macintosh adalah komputer pertama yang memperkenalkan sistem antarmuka grafis (GUI). Pada waktu itu, langkah yang dilakukan Apple adalah sebuah perkembangan revolusioner dalam dunia komputer personal.



Pembuatan Mac merupakan suatu wujud model integrasi vertikal yang mana Apple memfasilitasi seluruh aspek perangkat keras dan juga sistem operasinya yang terinstal di dalam seluruh komputer Mac. Hal ini berbeda dengan komputer tipe PC pada umumnya, di mana banyak produsen membuat dan mengintegrasikan perangkat keras dengan sistem operasi yang dibuat oleh produsen lain. Sementara itu, Apple secara eksklusif membuat perangkat keras Mac dan mengatur bagaimana sistem internalnya, desain, dan juga harganya. Tidak hanya itu, Apple juga tidak melisensikan Mac OS X untuk komputer non-Apple.
Jenis-jenis Macintosh

Mac OS merupakan sebuah sistem operasi yang dibuat oleh Apple. Apple sendiri sebenarnya menjual Mac OS satu paket dengan  hardwarenya. Jadi dulu untuk bisa menggunakan Mac OS harus juga membeli hardware dari Apple ini. Kalo sekarang memang Mac OS sudah bisa dipasang dikomputer dekstop. Cuma membutuhkan sedikit penyesuaian saja, Mac OS sudah bisa berjalan dikomputer dengan prosesor intel maupun AMD.

Mac OS adalah singkatan dari Macintosh Operating System. Mac OS adalah sistem operasi komputer yang dibuat oleh Apple Computer khusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel dengan PC berbasis IBM. Diperkenalkan pada tahun 1984, Mac OS sejak tahun 2006 telah memiliki kompatibilitas dengan arsitektur PowerPC maupun x86.

Berikut ini adalah beberapa Kelebihan Macintosh :
*       Lebih stabil karena menggunakan UNIX
*       Multitasking
*       Bisa mengenal file format windows
*       Tampilan yang lebih glossy sehingga bagus untuk graphic design/multimedia
*       Dokumen - dokumen yang dibuat di Mac bisa dibaca di OS yang lain, dan sebaliknya. Baik yang formatnya ‘generik’ (misalnya pdf, html, mp3, text) maupun yang formatnya khusus (misalnya .doc, .xls, .ppt). Asalkan ada program aplikasi (application) di kedua platform (Mac dan Windows) yang bisa membaca format tersebut.
*       Jarang terkena virus
*       Open sourcecode sehingga Mac OS sulit dibajak
*       Ada ‘Time Machine’ yang akan bekerja secara otomatis pada background tanpa mengganggu aplikasi yang dijalankan untuk mem-backup system yang sedang berjalan dan perubahan-perubahan pada data
*       Ada program “sherlock“ yang tidak hanya mencari file pada harddisk dan dalam jaringan lokal, tapi juga dapat beraksi di Internet dan mencari berdasarkan keyword.

Berikut ini adalah Kekurangan Macintosh :
*       Mahal, karena spesifikasi teknis mac memang tinggi. Asesorisnya dan spare part banyak tapi mahal
*       Hanya cocok untuk graphic designer
*       Mac OS tidak dapat digunakan bersama-sama sistem-sistem pengoperasian lain yang tidak menggunakan sistem Mac OS
*       Mac tidak bisa dirakit sendiri karena Apple sudah tidak memberi license buat perusahaan lain untuk membuat hardware yang bisa menggunakan Mac OS
*       Software di Mac OS tidak begitu lengkap
*       Kurang cocok untuk aplikasi server dan game.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar