Jumat, 24 Mei 2013

Sorting and Searching pada Java

Didalam pemograman Java terdapat dua algoritma yang dapat digunakan dua metode yaitu sorting dan searching. Dibawah ini akan membahas dua algoritma tersebut dan beserta contoh listing pemograman dalam java.

1. Sorting

Sorting adalah proses menyusun elemen - elemen dengan tata urut tertentu dan proses tersebut terimplemantasi dalam bermacam aplikasi.
Macam - macam algoritma sorting :

  •       Insertion Sort
Salah satu algoritma  sorting  yang paling sederhana adalahinsertion sort. Algoritma Insertion sort pada dasarnya memilah data yang akan diurutkan menjadi dua bagian, yang belum diurutkan dan yang sudah diurutkan. Elemen pertama diambil dari bagian arrayyang belum diurutkan dan kemudian diletakan sesuai dengan posisinya pada bagian lain dari array yang telah diurutkan. Langkah ini dilakukan secara berulang hingga tidak ada lagi elemen yang terisisa pada bagian array yang belum diurutkan.
  •       Selection Sort
Selection Sort adalah memilih elemen dengan nilai yang paling rendah dan menukar elemen yang terpilih dengan elemen ke-i. Nilai dari i dimulai dari 1 ke-n, dimana n adalah jumlah total elemen dikurangi 1.
  •     Merge Sort 
Sebelum pembahasan mengenai algoritma merge sort, akan dijelaskan garis besar dari konsep divide and conquer karena merge sort mengadaptasi pola tersebut.
  • Pola Divide and Conquer
Beberapa algoritma mengimplentasikan konsep rekursi untuk menyelesaikan permasalahan.  Permasalahan utama kemudian dipecah menjadi sub-masalah, kemudian solusi dari sub-masalah akan membimbing menuju solusi permasalahan utama.

Pada setiap tingkatan rekursi, pola tersebut terdiri atas 3 langkah:
1. Divide
Memilah masalah menjadi sub masalah.

2. Conquer
Selesaikan sub masalah tersebut secara rekursif. Jika sub-masalah tersebut
cukup ringkas dan sederhana, pendekatan penyelesaian secara langsung akan
lebih efektif.

3. Kombinasi
Mengkombinasikan solusi dari sub-masalah, yang akan membimbing menuju
penyelesaian atas permasalahan utama.
Proses rekursi berhenti jika mencapai elemen dasar. Hal ini terjadi bilamana bagian yang akan diurutkan menyisakan tepat satu elemen. Sisa pengurutan satu elemen tersebut menandakan bahwa bagian tersebut telah terurut sesuai dengan rangkaiannya.
Studi Kasus dalam pemograman java dengan menggunakan algoritma Sorting :
Class Bubble :


Class Insert :




Class Max :






Class Output :











2. Searching
 
      Searching merupakan kegiatan untuk menemukan atau mencari suatu data yang ditentukan disuatu tempat, apakah sudah sesuai atau belum. Algoritma searching mempunyai beberapa metode, salah satunya adalah metode pencarian beruntun atau disebut juga denganSequential SearchSequantial Search adalah metode pencarian yang dimulai dari data elemen pertama.
Studi Kasus dalam pemograman java dengan menggunakan algoritma Searching :




Class Searching :






Hasil Output :






Referensi
http://dinifitrianti.blogspot.com/2011/10/sorting-dan-searching-dalam-pemograman.html/
http://asmauna.wordpress.com/2012/11/29/sorting-pada-java/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar